March 30, 2009

March 30, 2009

GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM FOR MAPPING OF FLOOD PROBABILITY AREA IN RIVER FLOW AREA CASE STUDY : FLOOD AREA IN CIRENDEU PERMAI

Abstrak

Meningkatnya curah hujan atau rain density pada musim hujan mengakibatkan daerah dengan topografi rendah menjadi sasaran utama genangan air. Hal itu ditambah dengan kurangnya kesadaran manusia yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai (DAS) tentang pentingnya menjaga kebersihan daerah air seperti kali dan sungai menambah kerawanan DAS menjadi semakin tinggi. Diperlukan suatu tools untuk mereduksi bahaya yang diakibatkan dari pendirian pemukiman di sekitar wilayah daerah aliran sungai. Dengan kombinasi data yang meliputi : data curah hujan, meteorology data suatu wilayah dalam periode tertentu, data kerapatan penduduk pada daerah aliran, dan data kontur yang diolah melalui system informasi spasial sehingga menhasilkan produk informasi yang dapat membantu dalam mengambil keputusan dalam mewaspadai daerah rawan banjir dalam sutu wilayah.

Kata kunci : GIS, rain density, pemukiman, topografi.

Saya juga memberikan contohnya dalam model ArcView. Biar ga ribet silahkan aja download versi pdf dengan mengklik disini.

Semoga bermanfaat.

0 Comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates