December 04, 2009

December 04, 2009

Tentang Sistem Informasi

Menurut saya artikel ini penting untuk mahasiswa yang sedang atau pun pernah mengambil matakuliah konsep dan analisis sistem informasi untuk menuju ke perancangan sistem. Sedikit saya sharing dari secuil imu tentang makhluk bernama sistem.
Tadi malam saya membaca buku mas Denny Charter yang berjudul "Desain dan Aplikasi GIS", di dalamnya penulis menerangkan tentang definisi sistem dengan sederhana, dan mudah (kalau menurut Om Romi di bukunya "Dapat Apa Sih di Universitas" , dengan bahasa manusia).

Definisi Sistem

Ada 2 (dua) pendekatan dalam mengartikan sistem. Pendekatan tersebut menurut Al Bahra (2005) adalah procedural approach dan component approach. Secara pendekatan prosedur, sistem adalah rangkaian tahap yang saling berhubungan dan berurutan bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan. Agar mudah dimengerti saya coba beri contoh sederhana yaitu jika kita ingin membuat teh manis, maka urutannya adalah membuat air panas, menyiapkan gelas, mencampur gula dengan teh, dan mencampur air panas yang sudah masak tadi. Sedangkan definisi sistem secara komponen adalah kumpulan komponen yang saling berkaitan dalam mencapai suatu tujuan. Masih dengan contoh yang sederhana, dalam membuat teh manis dibutuhkan komponen yang terdiri dari air panas, gula, teh, dan gelas. Jika salah satu diantara komponen itu tidak ada maka tujuan tidak tercapai.

Definisi Informasi

Informasi menurut Davis (1974) adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang. Sumber dari informasi adalah data. Kualitas dari suatu informasi dapat diukur dengan ART,; accurate, relevant, dan time (tepat waktu).

Sistem Informasi

Mendengar istilah sistem informasi sebetulnya tidak selalu dikaitkan dengan base on computer, tetapi di era sekarang dan masa depan sistem informasi pasti berkaitan dengan penggunaan teknologi komputer yang dikenal dengan CBIS (Computer Base Information System). Sekali lagi saya ingatkan bahwa tidak semua sistem dapat terpecahkan dengan komputerisasi. Dalam uraian bukunya Prof. Jogiyanto (1989) (mbahnya Sistem Informasi) "Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis" menegaskan bahwa yang jadi masalah adalah bagaimana permasalahan dapat diselesaikan dengan cara-cara komputerisasi.

Banyak definisi tentang sistem informasi, diantaranya adalah :
  • Menurut Alter (1992) Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah perusahaan.
  • Al Bahra bin Ladjamudin (2005) mendefinisikan sistem informasi sebagai sistem dalam organisasi yang mendukung operasional dan perencanaan untuk mengambil keputusan.
  • Turban (1999) Sistem Sistem informasi sebuah sistem informasi yang mempunyai fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
Untuk pemahaman mengenai sistem informasi dapat diperoleh dari referensi (yang menurut saya shahih) yang saya tulis di akhir article ini.


Referensi

"Desain dan Analisis Sistem" oleh Al Bahra bin Ladjamudin.
"Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis" oleh Jogiyanto.
"System Analysis and Design Methods" oleh Jeffrey Whitten (Edisi Bahasa Indonesia).
"Desain dan Perancangan Sistem" oleh Kendall E. (Edisi Bahasa Indonesia).

Berhubung sudah menjelang isya' kita cukupkan cuilan article ini.
Semoga bermanfaat.
Tetap dalam perjoeangan...!!!


Special for mas Wahyu, I'd like to explain about it (and your problem) but I can't cause any something that important what I have to do on Sunday. Hopefully it colud solve your problem.
You can download my sample of design information system from here. (If you wanna password for open file please contact me).

0 Comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates