April 12, 2011

April 12, 2011

Membuat Buffer di ArcView

Salam Geospasial,

Sudah 1 bulan saya menjanjikan membuat oret-oretan untuk membuat buffer di Arcview. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat buat adik kelas yang mau skripsi topik GIS. Disini saya coba menggunakan data yang disediakan dari arcview ketika kita menginstalnya. C:\ESRI\AV_GIS30\AVTUTOR\ARCVIEW\qstart.apr

Silahkan artikel saya bisa didownload disini
Semoga bermanfaat.

1. Buka program ArcView GIS 3.x

2. Buka contoh project file qstart.apr (
C:\ESRI\AV_GIS30\AVTUTOR\ARCVIEW\qstart.apr)

3. Pilih View yang akan ditampilkan, contoh Atlanta. Kemudian pilih theme yang akan dibuat buffer, contoh highways



4. Pilih menu bar Theme – Create Buffers


5. Setelah muncul dialog wizard Create Buffer, pilih tipe buffer yang diinginkan. Pilihan pertama atau paling atas memberikan nilai pada shape file yang akan di-buffer. Pilihan kedua berdasarkan atribut di dalam table. Pilihan ketiga jika kita ingin menggunakan berbagai ring buffer. Biasanya pilihan ketiga digunakan dalam kasus dampak kerusakan bencana X, daerah wabah X, dan lain sebagainya.

6. Dalam tutorial ini saya pilih yang paling atas,. Kemudian diisi dengan nilai 3. Jangan mengisi dibawah nilai 3 karena kan muncul peringatan seperti di bawah ini.


7. Kemudian muncul wizard selanjutnya sepeerti di bawah ini. Pilihan pertama as graphic in the view adalah hanya menampilkan sebagai view, tidak untuk disimpan. Pilihan kedua in existing theme adalah tampilan hasil buffer bergabung dengan shape file yang ada. Pilihan ketiga, hasil buffer disimpan dalam file yang kita tentukan nama dan tempat penyimpanannya. Saya coba pilih yang ketiga dengan menyimpan di C:/ dengan nama contoh_buffer.shp, kemudian klik Finish.




8. Proses buffer sedang dilakukan dan muncul loading windows seperti di bawah ini.


9. Hasil dari buffer akan muncul dengan nama buffer 1 of Highways. Agar hasil buffer dapat terlihat, klik 2 kali pada theme buffer 1 of Highways, kemudian klik 2x pada symbol dan ubah model transparan kemudian klik Apply. Bisa dilihat seperti gambar di bawah ini.

10. Gambar di bawah ini adalah hasil akhir dari proses buffer pada shape file Highways dengan jarak 3 meter (1,5 m ke kiri dan 1,5 ke kanan)



Bagi yang mau format pdf bisa mendownload disini.

Tetap dalam perjoeangan...!!!

1 Comments:

iaminclick said...

postingannya mantabb gan,,,
tetap lanjutkan perjuangan juga..

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates