May 03, 2011

May 03, 2011

Desktop Open Source GIS : OpenJump GIS

Perkembangan akan kebutuhan informasi geospasial semaki meningkat. Menurut hasil penelitian, 80% semua bidang riset membutuhkan informasi geospasial. Hal ini tentunya memacu untuk terus mengembangkan aplikasi di bidang geospasial, baik yang berlicence maupun under GPL. Kali ini saya coba sekedar oret-oretan memperkenalkan Desktop Open Source GIS yang kebetulan pernah nyicipin. Untuk tulisan kali ini saya mau bahas OpenJump GIS. Untuk lebih lengkapnya tentang Desktop Open Source GIS yang ada saat ini bisa dilihat di Wikipedia.

OpenJump GIS merupakan aplikasi desktop open source GIS yang berbasis pada pemrograman Java. Aplikasi OpenJump GIS ini dapat diinstal di multi platform (Windows, Unix, MacOS). Latest rilis adalah versi 1.4.0.3. Aplikasi ini tidak terlalu besar memakan space dalam harddisk kita. Terbukti hanya 13.1 MB saja. Dengan kemajuan teknologi saat ini, aplikasi GIS ini terbilang ringan. Kemampuan yang dimiliki memang tidak seperti software GIS seperti ArcView atau ArcGIS, namun untuk beberapa fungsi GIS terbilang cukup. Terbukti dengan adanya fasilitas yang diberikan seperti intersect, buffer, Join Atribut Spatial, Spatial Query, dan sebagainya. Untuk hasil yang diberikan dapat di-export ke format SVG ( scalable vector graphic) dan raster (png, jpg). Untuk format vector tersedia format ESRI (shp). Aplikasi ini juga tersedia dalam format portable yang ditujukan jika para user hanya ingin menggunakan suatu ketika dan tidak perlu menginstalnya di laptop/ PC. Aplikasi ini juga mampu berintegrasi dengan spatial database postgresql (dengan extention postgis) untuk meng-capture data yang ingin ditampilkan dengan langkah di menu bar Layer - Run Data Store Query.


...................................................................Tampilan OpenJumpGIS dengan hasil Buffer dan Intersect


Kesimpulan

Software OpenJump GIS dirasakan cukup untuk memenuhi fungsi standar GIS dengan beberapa tambahan fungsi geoprocessing-nya.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba aplikasi ini, dapat mendownload di sini.
Jika menginginkan sample data OpenJump (bukan format shp, tapi format OpenJump .jml) bisa didownload di sini juga.

InsyaAllah tulisan berikutnya akan membahas aplikasi Desktop Open Source GIS lainnya (uDIG).

Semoga bermanfaat..

Tetap dalam perjoeangan...!!!

0 Comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates