August 02, 2011

August 02, 2011

Software Engineering dan Jurusan IT di Indonesia

Mendengar kasak-kusuk kuliah Pak Romi, jadi ingin buat oret-oretan tentang Software Engineering, khusunya di Indonesia. Istilah ini kalau dalam bahasa Indonesia artinya menjadi Rekayasa Perangkat Lunak. Sepertinya bahasa Indonesia belum cukup kaya dalam mengadopsi kata-kata yang berasal dari istilah asing. Karena ke-terwakilan kata asing menjadi kata Indonesia terkadang tidak mewakili seutuhnya maksud kata asing tersebut. Benar kata Prof. Nazir Haryanto, sebaiknya beberapa kata asing dipertahankan untuk menghindari salah paham dalam maksud yang sebenarnya. Contohnya kata knowledge jangan disempitkan dengan arti pengetahuan. Karena knowledge lebih dari kata pengetahuan. Bagaimana dengan kata Science, apa ya artinya? Di Indonesia tersedia kata Ilmu, Pengetahuan, dan Ilmu Pengetahuan. Hmmm..:) Kalau diartikan satu-satu jadinya science, knowledge, sedangkan ilmu pengetahuan bahasa inggrisnya jadinya apa? Silahkan diterjemahkan sendiri.

Bicara Software Engineering :

IEEE mendefinisikan Software Engineering dengan redaksi ;

"Software is programs, procedures, and possibly associated documentation and data pertaining to the operation of a computer system".

Terkadang (bahkan sering), istilah software engineering (SE) atau rekayasa perangkat lunak di dunia pendidikan IT di Indonesia hanya berfokus pada satu atau dua macam bahasa pemrograman saja. Padahal ditinjau dari standar IEEE di atas, SE meliputi algorithm, data structure, hingga dokumentasi seperti manual guide dan riwayat software. Saya tidak terlalu berani menyalahkan instansi perguruan tinggi IT yang notabene-nya banyak para pakar IT disana, namun kalau melihat kiblat IT kita, saya dengan tegas mengatakan bahwa di Indonesia ini banyak yang salah IT-nya. Kenapa? Lihat saja, berdasarkan COmputing Curricula ACM (Association for Computing Machine) Software Engineering mempunyai strata yang sama dengan Computer Science (prodi Ilmu Komputer/Teknik Informatika), tetapi realitanya di Indonesia ini software engineering malah menjadi minat atau konsentrasi, bahkan menjadi jurusan di SMK. Weleh..wele..

Ada 2 buku yang menurut saya (dan menurut sebagian besar para pakar bidang SE) menjadi "kitab suci" dan penginspirasi buku-buku bidang SE. Pertama, Buku Roger S. Pressman : Software Engineering A Practitioner's Approach dan kedua adalah buku Ian Summerville : Software Engineering.


Saya agak heran dengan sistem pendidikan IT di Indonesia, dari jenjang D3 sampai ke S3. Contoh sederhana, di suatu perguruan tinggi terkenal bidang Komputer di Bandung, menawarkan S1 Manajemen Informatika. Padahal kalau dilihat dari standar computing curricula yang dikeluarkan ACM, management of informatics tidak tersedia dalam 5 core bidang IT. 5 Core bidang IT terdiri dari Computer Engineering, Computer Science, Information System, Information Technology, dan Software Engineering. Lucunya lagi, di Gunadarma yang notabene-nya Universitasnya yang sudah 25 tahun menyelenggarakan pendidikan IT, menyediakan program pasca sarjana Magister Manajemen Sistem Informasi (M.MSI). Aneh..lha kok bisa nyeleneh..


Fakta lain, di UI, IPB, UGM ada S1 Ilmu Komputer (Computer Science), maka di STMIK Eresha ada S1 dan S2 Teknik Informatika. Pada prinsipnya Ilmu Komputer dan Teknik Informatika adalah ilmu yang dapat dikatakan sama, kalaupun ada perbedaan bukan pada yang pokoknya. Hal ini muncul karena kiblat belajarnya berbeda. Istilah Computer Science muncul di benua Amerika, sedangkan istilah Teknik Informatika banyak muncul di Eropa. Di Eresha M.Kom-nya juga Teknik Informatika, hal ini diakui oleh DIKTI. Hal seperti ini menjadi ambigu di industri pendidikan IT di Indonesia. Seharusnya DIKTI bersama APTIKOM menjadi pengatur hal seperti ini. Semua berstandar International. Jangan asal buka jurusan. Memang kalau dilihat semua jurusan hampir sama isinya, wajib programming.


Jayalah Terus ICT Indonesia....!!!

Tetap dalam perjoeangan...!!!



1 Comments:

anita sari said...

Mau minta pendapat untuk software engineering yang bagus di universitas apa ya mas?
Please penting ban

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates