May 07, 2012

Kesehatan : Urine berwarna kuning ?

Warna air kencing yang normal adalah kuning cerah, warna ini disebabkan oleh karena zat yang bernama Bilirubin, apabila kencing berwarna kuning tua seperti air teh, harus dicurigai adanya gangguan pada metabolisme bilirubin tadi. Keadaan ini disebut sebagai Jaundice / Ikterus yaitu keadaan dimana kadar bilirubin didalam darah meningkat melebihi kadar normal. Kondisi ini ditandai dengan warna kulit yang menguning, putih mata (Sclera) menguning, dan kencing berwarna coklat tadi. Bisa juga kencing berwarna seperti teh padahal minum air putih banyak, biasanya keadaan ini terjadi akibat mengonsumsi zat karoten berlebihan (zat ini paling banyak terkandung dalam buah tomat dan wortel), kulit juga bisa menguning tetapi untuk membedakannya dengan ikterus bisa dengan melihat putih matanya (sclera), karena putih matanya tetap putih. Warna kuning agak tua bisa juga diakibatkan meminum vitamin B kompleks, tetapi kuningnya agak terang dan muda dibandingkan ikterus.

Apakah ikterus ini sama dengan penyakit kuning yang sering disebut masyarakat itu ?
Memang yang dimaksud sakit kuning yaitu ikterus tadi (penyakit pada organ hati atau sakit liver ). Sedangkan menurut opini masyarakat, sakit liver adalah penyakit hati yang sudah berat atau tingkat akhir.

Kadar bilirubin yang meningkat dapat disebabkan oleh karena produksi yang meningkat (pada keadaan dimana pemecahan sel darah merah/erytrocite yang berlebihan), adanya gangguan fungsi hati, dan gangguan pengeluaran bilirubin. Penyebab paling banyak adalah gangguan fungsi hati contohnya Hepatitis, Sirosis hati, Perlemakan hati, Kanker hati, dan gangguan lainnya. Penyebab lainnya adalah sumbatan pada saluran empedu (bisa oleh batu atau tumor), sehingga bilirubin tidak bisa keluar dan mengakibatkan kadar bilirubin meningkat.
Hepatitis adalah penyebab terbanyak ikterus/jaundice. Hepatitis sendiri adalah keadaan peradangan pada hati yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya infeksi virus, keracunan obat, dan alkohol. Peradangan ini membuat fungsi hati menurun dan salah satu akibatnya adalah jaundice.

Gejala Hepatitis meliputi :

Mual sampai muntah, lemah -lesu, dan kadang kadang ada demam, penurunan nafsu makan, terasa nyeri di ulu hati kanan atas, juga gejala yang telah disebutkan diatas tadi yaitu warna kencing yang seperti teh, kulit dan putih mata kuning tadi.

Tetapi pada keadaan tertentu hepatitis tidak disertai jaundice atau gejala diatas tadi, ini lebih berbahaya karena sukar untuk mengetahui gejalanya.

Untuk memastikan dapat diperiksakan kadar bilirubin, tes fungsi hati ( SGOT/SGPT ), dan pada keadaan tertentu diperlukan pemeriksaan USG.
Pengobatan pada hepatitis ditujukan untuk memulihkan fungsi hati yang terganggu. Jadi penderita sebaiknya menjaga kondisi badannya agar tidak terlampau letih, makan teratur, istirahat cukup agar daya tahan tubuh cukup kuat untuk mencegah infeksi oleh virus. Beberapa obat yang sering digunakan adalah Hepasil, Curcuma, Hp Pro, Methicol, Lesichol, dll.

Info tambahan :

Mungkin sebagian dari kita tidak pernah memperhatikan jika tubuh kita ternyata memiliki zat perwarna, pada air kencing misalnya. Pernahkah sejenak terlintas dibenak kita kenapa air kencing kita berwarna kuning ?. Sebagian besar dari kita pasti tidak mengetahuinya...
Mari sama – sama kita belajar, kita ungkap rahasia kebesaranNya dibalik air kencing kita.


Menurut teori Ibnu Sina (dokter dalam sejarah islam):
Pencernaan berawal dari mulut,gaster (lambung), usus halus, usus besar. Dengan bantuan enzim makanan dicerna didalam lambung, menjadi sari2 makanan dan sisanya dibuang melalaui usus besar. Makanan yang menjadi sari makanan diedarkan oleh darah keseluruh tubuh.Sedangkan sisanya tidak langsung dibuang tapi disaring dulu melalui ginjal.


Tau kah anda darah mengandung banyak nutrisi penting yang berguna untuk tubuh, yaitu ;
- Darah, yang merupakan nutrisi untuk otak
- Kahak, nutrisi untuk otak dan sendi berrfungsi sebagai pelumas
- Empedu kuning, nutrisi untuk paru2
- Empedu hitam , nutrisi untuk limpa dan tulang


Di dalam ginjal inilah proses pewarnaan terjadi, mengapa begitu?.


Nutrisi darah yang berupa empedu kuning akan banyak tersaring dalam ginjal. Setelah penyaringan, darah yang bersih diedarkan ketubuh sedangkan sisanya dibuang berupa air kencing. Maka dari itu kencing kita berwarna kuning.


Demikan sekedar ilmu, semoga bermanfaat...

Sumber : Satu, Dua

5 comments:

Anonymous said...

tapi saya sudah seminggu blm sembuh2, apa ada terapinya, misalnya makan buah apa? atau obat apa?

Araditiya said...

Pada dasarnya, air kencing bermasalah jika ditandai dengan warnanya sama seperti dengan 'teh botol'. Anda bisa memeriksanya di spesialis penyakit dalam.

Anonymous said...

dari ciri'' kencing warna kuning diatas, sangat mirip dengan saya, apakah ada cara untuk mengobatinya ? apakah penyakit ini sangat berbahaya ?
sekian terima kasih

Advertising agencies in Karachi said...

i read the article its a nice article its have a lot of information thanks author for the nice article.
Advertising companies in Pakistan | Media buying houses

airport pickup w2 said...

This site is excellent and so is how the subject matter was explained. I also like some of the comments too. Waiting for the next post.
heathrow to w2 | southend to w2