September 25, 2008

September 25, 2008

Catatan kecilku

Kalau saya ditanya tentang apakah Islam akan berkembang dan bangkit di negeri ini maka saya dengan pede menjawab "Yes, I'm sure". Sekedar cerita dari daerah Sumatera Barat tepatnya di Solok. Waktu itu saya hendak menunaikan shalat ashar di sebuah masjid di depan SMP negeri. Di dalamnya terdapat seorang ibu -yang terbilang sudah layak jika disebut dengan panggilan nenek- yang meminta kepada pengurus masjid untuk diizinkan tinggal sebelum dan selama Ramadhan. Mungkin dalam benak hati kita bertanya kenapa si Ibu ini mau tinggal di masjid? Sendirian tanpa ditemani anak ataupun cucunya pula. Ibu itu lantas menjelaskan bahwa saya tidak ingin ketinggalan 1 raka'at pun dalam pelaksanaan shalat berjama'ah. Subhanalloh. Tahukah Anda bahwa ibu ini mempunyai kekurangan pada kakinya sehingga berjalan pun sangat sulit sehingga dibantu oleh orang yang berada di sekitarnya. Ehm...bagaimana dengan kita yang diberi kesehatan sempurna? Mungkin kita baru tahu tentang keutamaan shalat berjama'ah tapi belum seperti Ibu yang sudah memahami shalat berjama'ah. Saya sempat menanyakan kepada beliau kenapa tinggal sendirian (padahal beliau sulit berdiri)? Ibu itu menjawab tanpa ada keraguan sedikit pun yaitu di kubur nanti saya pun sendirian dan saya tidak mau merepotkan selagi mampu. Semoga setelah melewati bulan tarbiyah ini kita dapat tetap istiqomah.

sebuah harapan yang ingin saya sampaikan adalah terbesit di bawah ini.

0 Comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates