July 09, 2008

July 09, 2008

Syukur

Dalam kata pengantar Saksikan "Bahwa Aku Seorang Muslim", Salim A. Fillah mengatakan syukur sebagai sebuah kata yang selangkah lebih maju dibanding dengan terima kasih. Syukur, sebuah makna yang tidak hanya dituntut diucapkan namun menuntut aplikasi nyata dalam hati, pikiran serta perbuatan. Jika kita diberi sesuatu oleh ikhwah maka syukron tidak cukup dalam memaknai suatu pemberian tersebut. Jazakumulloh khoiron katsiron, tidak hanya syukron akhi tapi jug disertai do'a yang mengalir dari saudara kita. Ah indahnya persaudaraan mu'min itu, dimana pertemuannya mengobati sakit kita, dimana kata-katanya penyejuk hati di kala resah. Dalam Tazkiyatun anNafs, Ibn Al Munkadir mengatakan bahwa kenikmatan di dunia hanya tersisa 3 hal yaitu ; qiyamul lail, berjumpa dengan ikhwah Ah indahnya dan sholat berjama'ah.jadi mu'min itu, ketika ni'mat itu datang kemudian bersyukur maka Allah pun menambahkannya dan tak hanya Dia pun memasukkan hambaNya yang beriman. Tatkala mushibah datang maka bagi mu'min kesabaran menjadi penyembuhnya.
"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (Qs.14:7)

Persepsi Syukur

Islam memandang syukur dengan penuh kemuliaan, sebagai contoh bahwa Islam memurnikan syukur dengan ikhlas. Umumnya kecenderungan masyarakat di sekitar menyelami rasa syukur dengan acara makan-makan, jalan-jalan atau lain sebagainya. Afwan jiddan saudaraku, jangan kau nodai pemaknaan Islam ini dengan budaya jahiliyyah pemborosan. Wallohi, Alloh menuntut kita dalam menjaga amanah ni'mat yang dititipkan pada kita untuk kemaslahatan ummat. Saya pernah membaca pengertian dari zuhud adalah menjauhi atau meninggalkan segala urusan dunia. Afwan akhi/Ukhti, Zuhud disini perlu diluruskan, bahwa segala fasilitas yang Allah SWT titipkan pada kita adalah untuk digunakan dalam kepentingan ummat. Semoga Allah SWT menguatkan iman dan taqwa kita dalam mengamalkan kata syukur ini. Wallohu'alam bi showab

0 Comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates